16 April 2013

Griya Sintesa (Manado, Sulawesi Utara)

One's destination is never a place, but a new way of seeing things.” - Henry Miller


Apa yang dibutuhkan setelah sehari penuh mengikuti pelatihan atau rapat di Kota Manado dengan topik yang menegangkan sel-sel otak dan menguras banyak keringat?

Atau apa yang idealnya dibutuhkan setelah dari pagi hari hingga sore hari bermain air, snorkel, memberi makan ikan, atau membakar kulit di Bunaken?



Jika jawabannya kamar mandi yang nyaman dengan shower air hangat yang lancar dan tempat tidur nyaman, harum dan bersih tanpa memikirkan tagihan yang terlalu besar, Griya Sintesa memenuhi kriteria.

Lupakan hotel dengan lobby mewah, ruang kamar yang luas dengan sofa cantik di pojokan, atau fasilitas olahraga yang lengkap dan terawat, karena Griya Sintesa bukan tentang itu semua.


Tripadvisor mengategorikan Griya Sintesa sebagai penginapan (Bed & Breakfast/B&B) di tengah Kota Manado. Tidak jauh dari "saudara tua"-nya yang sudah besar dan ternama akan fasilitasnya, Sintesa Peninsula Hotel. Meskipun tergolong penginapan namun aspek standar dari Griya Sintesa ini bisa saya nilai lebih baik dari penginapan pada umumnya. Kamar mandi yang luas dan bersih (luasnya hampir separuh dari bagian kamar), bantal dan selimut yang bersih, lemari yang cukup besar menampung perlengkapan saya untuk satu minggu, dan menu sarapan yang beragam untuk sebuah penginapan.



Meskipun hanya memiliki 3-4 lantai, Griya Sintesa dilengkapi lift.

Tempat sarapan adalah cafe yang terbuka untuk umum, tersedia Wi-Fi tanpa biaya tambahan dengan terlebih dahulu konfirmasi ke staf. Ramai ketika sore dan malam. Namun ketika sarapan masih cukup tenang.



Keseluruhan bangunan, Griya Sintesa tidak besar. Bahkan kamar cenderung sempit (saya dan teman sekamar saya sepakat). Saya menginap pada awal September 2012 di kamar dengan dua tempat tidur. Bisa jadi bahan pertimbangan untuk penderita Claustrophobia akut. Pada malam hari pun terdengar langkah kaki dan suara tamu lain yang berjalan di lorong. Lebih parah, menjelang subuh juga terdengar suara dari kamar sebelah. Cukup mengganggu.

Terlepas dari kekuranglegaan ruangan di kamar, Griya Sintesa memiliki staf yang sudah tentu ramah dan informatif. Saya dibantu untuk mencetakkan boarding pass hasil web check-in (saran saya untuk penerbangan pagi meninggalkan Manado lebih baik web check-in karena antrian panjang untuk counter check-in di Bandara Sam Ratulangi). Tanpa memungut biaya (di beberapa tempat lain dipungut biaya untuk cetak selembar kertas)

penunjuk arah kiblat di kamar

Di akhir ketika saya lapor untuk check-out, staf memberi voucher penggunaan fasilitas olahraga di Sintesa Peninsula Hotel secara gratis. Sederhana tapi cukup membuat saya terkesan.

Griya Sintesa juga menyiapkan sarapan lebih awal untuk tamu yang akan meninggalkan pagi-pagi buta dengan konfirmasi kepada staf terlebih dahulu. Menariknya, ketika saya lupa dan sudah di perjalanan menuju bandara, pihak hotel masih berinisiatif menelepon sopir taksi waktu itu untuk mengambil sarapannya. Servis!

Jika tidak terlalu bermasalah dengan kamar yang sempit, memiliki anggaran tidak terlalu besar untuk sebuah tempat bermalam, dan dengan itu bisa mendapatkan sarapan yang cukup baik, saya menyarankan untuk mencoba Griya Sintesa ketiga singgah di Manado.

(Griya Sintesa tidak memiliki website sendiri. Pemesanan bisa melalui telepon. Harga baik dari hotel sendiri maupun web pemesanan kamar tidak telalu jauh berbeda) 


1 comment: